5 Tips Jadi Ayah ASI untuk Dukung ASI Eksklusif

5 Tips Jadi Ayah ASI untuk Dukung ASI Eksklusif

January, 31 2020 | Regina | for DAD

Menjadi Ayah ASI merupakan bentuk peran ayah dalam menyusui. Asifit sebagai booster alami sangat mendukung gerakan Ayah ASI sebagai langkah dukung ASI Eksklusif. Karena keberadaan Ayah sangatlah penting sebagai supporter utama Bunda dalam memberikan ASI eksklusif pada si Kecil. Menurut penelitian, 90% proses menyusui berhasil karena adanya dukungan ayah. 

Namun, kebanyakan ayah dan calon ayah masih bingung; “Bagaimana sih memulai langkah untuk menjadi Ayah ASI yang sukses?”. Dihimpun dari berbagai sumber, Asifit bakal memberikan lima tips menjadi Ayah ASI demi dukung ASI Eksklusif

  • Ikut komunitas Ayah ASI

Bukan cuma Bunda saja nih, komunitas dukung ASI Eksklusif juga tersedia untuk para ayah, lho! Komunitas Ayah ASI merupakan komunitas yang mengumpulkan para Ayah yang secara terbuka dukung ASI Eksklusif. Komunitas Ayah ASI memberikan berbagai tips yang sangat related dengan kehidupan sebagai orangtua dalam mengurus anak yang masih menyusui. 

Komunitas Ayah ASI juga kerap melakukan berbagai acara yang mengulas peran ayah dalam menyusui. Tak cuma di Jakarta saja, Komunitas Ayah ASI juga berada di kota-kota lainnya di Indonesia. So, jangan lupa buat ajak Ayah ikut Komunitas Ayah ASI, ya! 

  • Perbanyak informasi tentang menyusui

Selain mengikuti Komunitas Ayah ASI, para suami juga harus aktif dalam mencari segala informasi terkait proses menyusui. Sebut saja seperti; “Makanan apa sih yang bikin ASI lancar?” atau “Perlukah Ibu konsumsi pelancar ASI?”, dan banyak pertanyaan lainnya tentang menyusui. 

Yuk, Bun, ajak Ayah buat rajin-rajin mengecek www.asifit.co.id yang menghimpun banyak informasi tentang peran ayah dalam menyusui

  • Sediakan cemilan dan vitamin

Para ibu yang menyusui banyak nutrisi yang sehat untuk kualitas dan kuantitas ASI yang baik. Selain makanan yang bergizi, ibu menyusui juga membutuhkan camilan pelancar ASI. Buat jenis camilan yang bisa membuat ASI lancar, silakan baca di artikel ini. 

Tak cukup sampai makanan dan camilan, vitamin pelancar ASI juga harus Ayah ASI sediakan demi stok ASI si Kecil. Asifit merupakan vitamin pelancar ASI yang mengandung ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks (B1, B2, B6, dan B12) yang teruji mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI ibu menyusui. 

Cukup dengan mengonsumsi Asifit 3 kali sehari sebanyak 1-2 kaplet saja. Asifit bisa ditemukan di apotek Kimia Farma, supermarket, dan apotek serta toko obat lainnya. 

  • Beri pijatan dan bantu Bunda

Tips menjadi Ayah ASI yang sukses lainnya adalah selalu meringankan pekerjaan Bunda. Jangan lupa juga untuk memberikan pijatan pada Bunda saat atau usai menyusui si Kecil. Apalagi jika melakukan pijat oksitosin yang terbukti mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin yaitu hormon kebahagiaan. (Baca: Pijat Oksitosin Sebagai Bentuk Peran Ayah dalam Menyusui). 

  • Puji istri

Yang terakhir yang bisa Ayah ASI lakukan untuk dukung ASI Eksklusif adalah selalu memuji istri. Karena setiap wanita sangat suka untuk dipuji. Pujian-pujian kecil yang bikin Bunda bahagia juga bisa bikin hubungan semakin harmonis. Nah, itu dia lima tips Ayah ASI untuk dukung ASI Eksklusif. Yuk, menjaga kasih ibu bersama Asifit!