6 Tips Liburan Akhir Tahun untuk Ibu Menyusui

6 Tips Liburan Akhir Tahun untuk Ibu Menyusui

December, 20 2019 | Regina | for DAD

Tahun 2019 segera berakhir. Itu artinya, momen libur akhir tahun sudah di depan mata. Rutinitas mengurus buah hati, rumah sampai kantor memang bikin penat, ya, Bun. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan libur akhir tahun untuk ibu menyusui

Namun, karena kini sudah ada si Kecil, Bunda dan Ayah tentunya harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan liburan. Berbagai persiapan ibu menyusui saat liburan harus Bunda list dari jauh-jauh hari. Karena Bunda tak mau, kan, si Kecil sampai kekurangan stok ASI?

Yuk, Bun, simak enam tips untuk persiapan ibu menyusui mengisi liburan akhir tahun versi Asifit. 

  1. Alat pumping

Siapkan seperangkat alat pumping, wadah ASI serta cooler bag untuk stok ASI si kecil selama liburan. Pastikan pula Bunda mencatat waktu dan hari ASI diperah. Hal ini untuk mengetahui ASI basi atau tidak saat akan diberikan ke si Kecil. 

Untuk stok ASI yang sebelumnya, ada baiknya jika Bunda senantiasa mengecek aroma dan penampakannya untuk mengetahui ASI atau tidak. Salah satu ciri mengetahui ASI basi atau tidak adalah aroma dan rasanya yang masam.

  1. Penginapan nyaman

Mengetahui lokasi penginapan juga penting sebagai persiapan ibu menyusui saat liburan. Jika dahulu Bunda dan Ayah biasa berpetualang dengan menginap di hostel, kini kehadiran si Kecil membuat kalian harus lebih memperhatikan lagi tentang kenyamanan dan ketersediaan refrigerator untuk menyimpan ASIP. 

Karena bagaimanapun juga, ASIP yang disimpan dalam cooler bag bisa saja basi. (Cek di sini untuk mengetahui ASI atau tidak di cooler bag). 

  1. Lengkapi vitamin

Obat-obatan pribadi serta vitamin juga harus diselipkan di tas Bunda. Jangan lupa untuk selama membawa Asifit sebagai vitamin pelancar ASI yang mengandung ekstrak daun katuk alami serta vitamin B kompleks (B1, B2, B6 dan B12). 

Setelah melalui uji klinis, Asifit tidak hanya mampu meningkatkan produksi dan memperlancar ASI, tapi juga bisa menjaga daya tahan tubuh dan membuat kualitas ASI semakin baik. Cukup konsumsi Asifit setiap 3x sehari sebanyak 1-2 kaplet saja. ASI lancar, tubuh menjadi bugar dan menjaga kasih ibu. 

  1. Waktu tepat

Pilihlah waktu perjalanan liburan yang tepat agar si Kecil tidak terganggu waktu tidurnya. Hal ini juga berkaitan dengan persiapan ibu menyusui yang sudah memiliki jadwal pumping tersendiri.

Jika Bunda dan Ayah berencana untuk menggunakan moda transportasi udara, sebaiknya menyusui langsung si Kecil saat pesawat lepas landas dan mendarat demi meringankan tekanan pada telinga bayi. 

  1. Barang lengkap 

Tips persiapan ibu menyusui saat liburan lainnya yaitu membawa perlengkapan bayi selengkapnya. Namun, tidak berlebihan juga, ya Bun! Ketimbang membawa stroller, Bunda dan Ayah bisa mempertimbangkan untuk membawa carrier atau gendongan. Apalagi jika mengandalkan moda transportasi umum. 

  1. Nutrisi cukup

Saat liburan, artinya Bunda harus siap si Kecil terpapar virus dan bakteri yang mungkin dibawa oleh orang lain. Sebaiknya, lakukan vaksin kekebalan tubuh terlebih dulu serta penuhi kebutuhan nutrisi Bunda yang dikonsumsi si Kecil lewat ASI. 


Persiapan ibu menyusui yang cukup penting saat liburan adalah kondisi fisik dari ibu itu sendiri. Obat-obatan serta vitamin seperti Asifit yang Bunda bawa tidak akan ada artinya jika Bunda tidak memperhatikan kebutuhan nutrisi selama liburan. Konsumsilah makanan yang bergizi agar nutrisi tubuh tak berkurang dan ASI tetap lancar. 

Jangan lupa untuk selalu membawa Asifit ke manapun, ya, Bun! Selamat berlibur akhir tahun!